Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi CPU | Sistem Komputer Kelas 10

Fungsi CPU

Apa Itu CPU atau Central Processing Unit?

Mungkin kita kadang sering bertanya-tanya, bagaimana sebuah komputer dapat mengolah suatu data dengan sangat cepat dan juga tepat ya?Ini erat kaitannya dengan Fungsi CPU

Jawabannya adalah karena seperti halnya manusia, sebuah komputer juga mempunyai sebuah "otak", yang biasa disebut CPU atau Central Processing Unit. Central Processing Unit atau CPU merupakan sebuah unit proses yang paling utama dalam sebuah perangkat komputer. 

Kebanyakan dan kebiasaan dari kita, Istilah CPU atau Central Processing Unit terkadang sering disebut sebagai sebuah kotak atau casing yang di dalamnya terdapat beberapa perangkat keras, seperti motherboard, harddisk, RAM, kartu VGA, kabel power supply, dan perangkat keras lainnya. 

Sedangkan CPU merupakan perangkat keras (hardware) yang terdapat di dalam sebuah casing dan terdapat pada bagian motherboard atau yang biasa kita sebut sebagai prosesor. 

Agar kita tidak salah lagi dalam memahami dan mengartikan tentang Central Processing Unit atau CPU, dalam artikel ini akan disajikan penjelasan lengkap mengenai CPU pada sebuah komputer. 

Pengertian dan Fungsi CPU

CPU atau Central Processing Unit atau  disebut juga sebagai prosesor, prosesor pusat, atau mikro prosesor. Central Processing Unit atau CPU adalah unit pengolah pusat komputer karena menangani semua instruksi yang diterimanya dari perangkat keras dan perangkat lunak yang berjalan di komputer.

Central Processing Unit atau disingkat CPU merupakan otak dari sebuah perangka komputer karena merupakan elemen yang paling penting dari sebuah sistem komputer. 

Sejarah CPU dimulai pada awal pertengahan tahun 1970-an. Secara bertahap siring perkembangan teknologi, mikroprosesor lama akhirnya tergantikan oléh rancangan mikro prosesor yang lebih kompleks dan berkemampuan hitung lebih tinggi. 

Saat ini Istilah “CPU” biasa ditujukan kepada beberapa tipe mikroprosesor. Istilah CPU atau “Central Processing Unit” sebenarnya merupakan gambaran dari kelas logika dari mesin yang mengeksekusi program komputer. 

Definisi ini telah diterapkan pada banyak komputer jauh hari sebelum istilah “CPU” menjadi populer seperti sekarang ini. Namun, istilah  tersebut telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal tahun 1960-an. Bentuk dan rancangan serta implementasi dari CPU (Central Processing Unit) telah berubah sejak awal peluncurannya, tetapi operasi dasarnya masih tetap sama. 

Eksekusi program CPU

Eksekusi program yang tersimpan di memori dilakukan oleh CPU merupakan fungsi utamanya. Cara kinerjanya di antaranya: 

1. CPU mengambil instruksi-instruksi pada satu waktu dari memori;
2. CPU mengeksekusi intrsuksi-instruksi tersebut sesuai alur perintah;
3. CPU mengambil instruksi berikutnya untuk proses selanjutnya.

Eksekusi tersebut berlangsung dalam dua tahapan yaitu fetch atau membaca instruksi dan execute atau melaksanakan instruksi tersebut serta berulang. Proses komputer membaca dan mengeksekusi komputer ini dilakukan secara berulang sampai semua instruksi di memori utama dieksekusi atau komputer dimatikan. Proses ini dikenal sebagai fetch eksekusi atau siklus instruksi.

Siklus fetch-eksekusi bisa dijelaskan sebagai berikut seperti pada di bawah ini.

1. Fase Pengambilan (Fetch Phase)

  1. Pada awal setiap siklus, CPU membaca dari memori utama,
  2. Program Counter (PC), akan memantau dan menghitung instruksi berikutnya,
  3. CPU membaca instruksi, Program Counter akan menambah hitungannya satu persatu,
  4. Kemudian instruksi yang dibaca tersebut dimuat ke dalam register yang disebut Instruction Register (IR)

2. Fase Eksekusi

CPU akan melakukan interpretasi terhadap instruksi yang disimpan dalam bentuk kode biner dan melakukan operasi atau aksi yang sesuai dengan instruksi tersebut.

Fungsi CPU
Fase Eksekusi

Kutipan: http://teknik-informatika-s1.stekom.ac.id diolah oleh penulis tahun 2022

Seandainya teman-teman menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan blog ini dan kebaikan bersama. Silakan teman-teman bisa bantu share blog ini kepada yang lainnya agar lebih banyak yang tahu. 

Artikel materi lainnya secepatnya segera akan kami update. Jika ada permintaan materi atau artikel apa yang mau di post silakan tuliskan di kolom komentar ya. 

Demikianlah materi artikel tentang  Fungsi CPU lengkap dengan penjelasan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua, baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan keilmuan tentang Fungsi CPU.

Posting Komentar untuk " Fungsi CPU | Sistem Komputer Kelas 10"