Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Penulisan Algoritma | Pemrograman Dasar Kelas 10

Pada postingan artikel sebelumnya kita sudah membahas secara lengkap mengenai Algoritma. Apa itu algoritma dan juga tujuan algoritma. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara penulisan algoritma. Ini merupakan hal yang sangat penting karena penulisan algoritma yang salah akan mempengaruhi kepada tidak berjalannya algoritma itu sendiri. Bagaimana cara penulisan algoritma yang benar? Yuk kita pelajari. Pembahasan lengkapnya ada di bawah ini.

Cara penulisan algoritma dengan notasi bahasa deskriptif paling mudah dibuat, namun cara ini sulit untuk diterjemahkan ke dalam bahasa pemrograman. Pada dasarnya teks algoritma dengan bahasa deskriptif disusun oleh tiga bagian utama (bentuk notasi algoritma), yaitu uraian deskriptif, diagram alir (flowchart) dan kode semu (Pseudocode).

Tiga Bagian Utama Penulisan Algoritma

1. Uraian Deskriptif

Bagian yang pertama dari penulisan algoritma adalah Uraian deskriptif. Uraian deskriptif merupakan notasi penulisan algoritma dengan menggunakan bahasa deskriptif disebut dengan notasi alami. Penulisan ini dilakukan dengan cara menuliskan instruksi - instruksi yang harus dilaksanakan dalam bentuk untaian kalimat deskriptif dengan menggunakan bahasa yang jelas. Dasar dari bahasa deskriptif adalah bahasa Inggris, namun dapat di modifikasi dengan bahasa sehari-hari termasuk bahasa Indonesia agar lebih mudah ditulis dan juga mudah untuk dipahami oleh kita.

Pada dasarnya teks algoritma dengan uraian deskriptif disusun oleh tiga bagian utama yaitu

  1. bagian judul (header);
  2. bagian deklarasi (kamus);
  3. bagian deskripsi.

Contoh 1 

Kita ambil contoh yang mudah mengenai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu algoritma membuat nasi goreng;

Judul Algoritma

Algoritma Membuat Nasi Goreng

Bagian Deklarasi

Wajan, kompor gas, nasi, minyak goreng, bumbu, dan garam

Bagian Deskripsi
  1. Menyalakan kompor gas 
  2. Letakkan wajan di atas kompor
  3. Tuangkan sedikit minyak goreng
  4. Masukan bumbu kedalam wajan
  5. Tuangkan nasi secukupnya
  6. Beri sedikit garam
  7. Coba rasakan pas atau tidak bumbunya
  8. Jika kurang garam, tambahkan sedikit lagi
  9. Nasi goreng siap dinikmati

Contoh 2

Menyelesaikan permasalahan menghitung keliling suatu lingkaran

Judul Algoritma

Algoritma hitung keliling lingkaran

Bagian Deklarasi

r         = real {jari-jari, tipe real}
K        = real {keliling lingkaran}
Phi    = 3,14

Bagian Deskripsi

  1. Masukan jari-jari lingkaran
  2. Hitung keliling lingkaran dengan rumus K = 2*phi*r
  3. Tampilkan keliling lingkaran ke layar

2. Diagram Alir (Flowchart)

Flowchart atau bisa kita sebut diagram alir merupakan gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma didalam suatu  program, yang menyatakan arah alur program tersebut. Terdapat simbol - simbol flowchart yang digunakan untuk menggambarkan alur, proses dan Input serta outputnya. Apa saja itu dan bagaimana penjelasannya, coba simak pembahasannya di bawah ini.

a. Simbol Alur Proses

Simbol alur proses adalah simbol yang digunakan untuk menghubungkan antara simbol yang satu dengan simbol lainnya. Berikut ini adalah macam - macam simbol dari alur proses sebuah folwchart atau diagram alir.

b. Simbol Proses

Simbol proses adalah simbol yang menunjukkan jenis operasi pengolahan dalam suatu prosedur.

Berikut ini adalah macam-macam simbol proses dari algoritma. 

c. Simbol I/O/Input Output

Simbol I/O/Input Output adalah simbol yang digunakan untuk menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output.

Demikianlah materi artikel tentang Cara Penulisan Algoritma lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan keilmuan tentang Cara Penulisan Algoritma.

Jika teman-teman menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan blog ini dan kebaikan bersama. Silakan teman-teman bisa bantu share blog ini kepada yang lainnya agar lebih banyak yang tahu. 

Artikel materi lainnya secepatnya segera akan kami update. Jika ada permintaan materi atau artikel apa yang mau di post silakan tuliskan di kolom komentar ya. 

Posting Komentar untuk "Cara Penulisan Algoritma | Pemrograman Dasar Kelas 10"