Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Bagian dan Fungsi Menu Bar Microsoft Word

Menu Bar Microsoft Word

Menu Bar Microsoft Office Word

Microsoft Office merupakan bukan hal yang aneh saat ini, itu adalah aplikasi pengolah kata, angka serta banyak fungsi yang lainnya. Bahkan zaman sekarang hampir disetiap bidang pekerjaan sudah menggunakan aplikasi Microsoft Office, khususnya dibagian staff dan accounting, karena manfaatnya yang begitu sangat membantu meringankan dan mempermudah pekerjaan. 

Microsoft Office bukan merupakan hal yang baru sebenarnya, itu sudah ada sejak lama hanya untuk penggunaannya saja yang masih terbatas. Sekarang Microsoft Office menjadi hal yang sepertinya wajib ada di dunia kerja dan menjadi salah satu persyaratan yang harus terpenuhi oleh para pelamar.

Microsoft Office terdiri dari beberapa aplikasi, hanya yang sering dipakai biasanya hanya beberapa, seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excel dan Microsoft Office  PowerPoint yang tentu kegunaannya tentu berbeda-beda.

Untuk itu dalam kesempatan ini saya ingin mencoba berbagi pengalaman dan ilmu tentang Microsoft Office, meskipun belum begitu expert mudah-mudahan bisa membantu pembaca semua dalam mempelajari Microsoft Office ini.

Pada bagian pertama ini saya akan mencoba membahas aplikasi microsoft office Word. Biasanya Microsoft ini digunakan sebagai pengolah kata.

Ada peribahasa "Tak kenal maka sayang" artinya pertama-tama kita harus mengenal dulu tentang microsoft word. Agar bisa memahami maka kita harus mengenal bagian dasarnya dahulu agar kedepannya bisa lebih memahami dalam mempraktekannya, minimal kita mengetahui istilah-istilah nama dalam fitur atau halaman kerja microsoft word. Oke kita langsung saja!

Oia dalam tutorial ini saya menggunakan Microsoft Office Word 2016 ya, teman-teman bisa menggunakan Microsoft Office Word yang lain, karena secara tampilan dan fungsi fiturnya tidak jauh berbeda. 

Oke kita mulai. Hal pertama yang harus kita kenali adalah bagian-bagian dasar dari Microsoft Office Word. Apa saja itu!Simak penjelasannya di bawah ini

Apa Itu Menu Bar.

Bagian yang pertama kita akan coba mengenali apa itu Menu bar. Menu Bar merupakan kumpulan menu-menu utama dari microsoft office word. Menu bar ini adalah menu yang akan paling sering dipakai di dalam mengoperasikan microsoft office word. 

Posisi menu bar berada di bawah judul dokumen kerja. Menu bar terdiri dari beberapa tab menu, antara lain menu File, Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, View, Help serta Tell me what you want to do. Yang tentunya menu-menu ini harus kita kenali dan ketahui pula fungsinya untuk apa, agar memudahkan kita dalam menggunakannya. 

Tampilan lengkapnya seperti pada gambar di bawah ini.


Toolbar

Bagian kedua dari lembar kerja microsoft office word adalah toolbar. Apa itu toolbar? Yaitu merupakan kumpulan submenu (alat) dari menu bar yang berisi fungsi-fungsi yang berbeda. Setiap menu bar mempunyai toolbar yang berbeda. 

Toolbar terdiri dari beberapa menu juga antara lain Toolbar Home,  Toolbar Insert,  Toolbar Design, Toolbar Layout, Toolbar References, Toolbar Mailings, Toolbar Review, Toolbar View, Toolbar Help

Tampilan setiap menu toolbarnya bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

Toolbar Home

Toolbar home kebanyakan berisi tentang bagaimana penataan, pewarnaan dan pengaturan teks agar terlihat rapi, menarik dan bagus sesuai dengan kebutuhan.Toolbar home terdiri dari enam group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles dan Editing.

Toolbar Insert

Toolbar Insert adalah peralatan office yang berfungsi untuk menyisipkan suatu objek, baik itu gambar, bentuk, tabel, link dan lain sebagainya. 

Toolbar insert ini berisi beragam macam bentuk dan gambar yang bisa pilih dan gunakan. Toolbar insert terdiri dari sepuluh group yaitu, pages, tables, Illustrations, Add-ins, media, link, comment, header and footer, text dan symbols.

Toolbar Design

Toolbar Design berisi tentang mendesain tata letak header sebuah bacaan atau tulisan. Toolbar Design terdiri dari dua group yaitu Document Formatting dan Page Background



Toolbar Layout

Toolbar Layout berisi tentang pengaturan tata letak, jenis kertas serta pengaturan posisi lembar kerja. Toolbar Layout terdiri dari tiga group yaitu, Page Setup, Paragraph, dan juga Arrange.

Toolbar References

Toolbar References terdiri dari enam group, yaitu Table of Contents, Footnotes, Research, Citation & Bibliography, Caption, Index, Table of Authorities.

Toolbar Mailing

Toolbar Mailing ini secara garis besar fungsinya untuk mengelola pembuatan label dan mail merge. Toolbar Mailing terdiri dari lima group yaitu, Create, Start Mail Merge, Write & Insert Fields, Preview Result dan Finish. 

Toolbar Review

Toolbar Review berfungsi mengecek ejaan tiap kata, menghitung jumlah kata dalam kertas kerja, dan juga ada fungsi-fungsi yang lainnya. Toolbar Review terdiri dari sembilan group, yaitu Tabel Proofing, Accessibility, Language, Comments, Tracking, Changes, Compare, Protect dan juga Ink.

Toolbar View

Toolbar View ini berfungsi untuk mengatur tampilan dari kertas kerja microsoft word. Toolbar View terdiri dari tujuh group, yaitu Views, Page Movement, Show, Zoom, Windows, Macros dan SharePoint.

Toolbar Help

Toolbar Help berisi tentang bantuan dan kontak support dan feedback dan hanya terdiri dari satu group saja yaitu Help.

Ok postingan selanjutnya admin akan menjelaskan untuk fungsi dari setiap submenu toolbarnya dan akan kita bahas secara lengkap di artikel selanjutnya ya. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Bagian dan Fungsi Menu Bar Microsoft Word"