Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Blogging Untuk Pemula Agar Blog Berkualitas dan Rame Pengunjung!

Tips Blogging Pemula

Assalamu'alaikum. 

Hai sahabat semuanya. Akhirnya saya bisa berbagi lagi nih. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tentang tips blogging lagi nih. Topik pada tulisan ini pembahasannya adalah bagaimana agar blog berkualitas dan tentunya bisa banyak pengunjungnya. Yuk kita sma-sama belajar. 

Berapa banyak nih dari kalian yang suka buat blog? Mungkin banyak banget ya. Tapi, berapa banyak dari kalian yang masih ingin belajar tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas tulisan di blog. Nah kali ini kita akan membahas topik tersebut plus hal apa aja yang harus dihindari dalam membuat blog supaya blog kamu bisa memikat banyak pengunjung. Penasaran? 

Tentunya ada banyak alasan kita untuk membuat sebuah blog, misalkan untuk memberikan informasi yang lagi happening, sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dan pikiran, memulai karir sebagai penulis, atau bahkan mencari keuntungan dengan memonetasi blog yang kau punya. 

Nah kalau memiliki blog sendiri teman-teman punya lebih banyak kendali untuk mengatur berbagai macam hal. Mulai dari topik, tema, atau niche market, jadwal upload artikel, atau hingga hal-hal mendetail seperti desain website dan pengaturan yang lainnya. 

Berikut di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin belum kamu perhatikan dalam membuat dan mengelola sebuah blog aga bisa menarik pembaca dan menggugah pikiran kamu agar selalu kreatif. 

#1. Tulis Apa Yang Kamu Sukai 

Ok ya, kita awali dengan sebuah pertanyaan, "Apakah teman-teman suka menulis tenang kuliner atau review makanan atau mungkin teman-teman lebih suka membahas seputar game terbaru?"

Apapun isi atau topik yang akan teman-teman gunakan untuk blog teman-teman pastikan teman-teman juga menyukainya ya.

Blog adalah hasil representasi ide dari sang penulis.

Jadi pikirkan kembali nih apa yang akan teman-teman tulis di blog. Jika teman-teman berniat untuk menulis tentang lebih dari satu topik, maka teman-teman bisa membagi jenis-jenis tulisan teman-teman ke dalam kategori yang berbeda.

#2.  Jadi Berbeda Dari Yang Lain 

Mungkin ada banyak blog lain yang mungkin sama atau setipe dengan blog kamu, tapi jangan jadikan ini sebagai rintangan. Justru sebaiknya kamu bisa mencari celah untuk menempatkan keunikan blog kamu. 

Misalnya jika kamu suka membuat tulisan tentang fashion mungkin kamu bisa menyediakan modul tutorial tentang fashion atau bahkan ada kelas diskusi online tentang fashion kekinian yang sedang hits.

Lakukanlah riset untuk melihat blog dengan genre yang mirip dengan blog kamu lalu cari apa yang kurang dari mereka dan buatlah itu menjadi kelebihan di blog kamu

Jika blog teman-teman berisikan tentang tema resep makanan atau tips memasak, mungkin teman-teman bisa mengajak pembaca untuk mensubscribe email bulanan berisi resep khusus. Buatlah sebuah ide unik yang sepertinya harus berbeda dari blog lain pada umumnya.

#3. Talk With Them Bukan Talk To Them 

Ketika menulis sebuah blog usahakan teman-teman seperti sedang berbicara dengan pembaca bukan berbicara kepada pembaca ajak membaca memasuki wacana yang kamu sajikan bagi mereka.

Buatlah kalimat kamu lebih hidup. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kalimat deskriptip.

Lalu jangan lupa selipkan apa deskriptif atau kalimat yang menggambarkan situasi atau sebuah tempat dengan jelas yang kamu rasakan dari indra kamu seperti rasa dari makanan, sejuknya udara, dan juga sebagainya. Dan juga perbanyak menggunakan kalimat aktif daripada kalimat pasif.

#4. Content Is The Key

Tempatkan diri kamu sebagai pembaca. Apakah mereka akan tertarik dengan tulisan kamu? jika tidak mungkin ada beberapa hal yang bisa kamu perbaiki terlebih dahulu hingga mampu menarik perhatian calon pembaca kamu.

Kalau kamu masih bingung, mungkin kamu bisa mempelajari tentang  nilai berita dan menempatkannya di artikel blog kamu. 

Beberapa diantaranya adalah Uniqueness atau keunikan Proximity atau kedekatan dengan pembaca dan Impact atau pengaruh dan juga dampak setelah memahami nilai berita. Mungkin nilai berita ini kamu bisa menerapkannya untuk artikel kamu selanjutnya.

#5. Kemampuan Memilih Tampilan Visual 

Selain tentang kemampuan menulis, kamu juga perlu meningkatkan kemampuan memilih tampilan visual. Bagaimana tidak, gambar yang menarik dan relevan dengan artikel ini akan sangat bermanfaat bagi blog kamu. 

Jika tulisan artikel blog yang teman-teman buat itu menarik tetapi tidak didukung dengan tampilan visual yang menarik juga, bagaimana ya kira-kira hasilnya?

Mungkin para pembaca artikel blog kamu sepertinya lama-kelamaan akan merasa bosan dan bete juga ya, karena ada tipe orang itu yang suka membaca ketika melihat gambar visulnya terlebih dahulu.

Teman-teman bisa menggunakan gambar dari situs penyedia stok foto gratis. Seperti Freepik, PNGWing, atau mencari gambar-gambar menarik dari Pinterest.

Selain itu kamu juga berkesempatan untuk bisa mengembangkan dan mengasah skill mendesain kamu.

Itulah tadi beberapa Tips Blogging Untuk Pemula Agar Blog Berkualitas dan Rame Pengunjung!. Selamat belajar teman-teman!

Posting Komentar untuk "Tips Blogging Untuk Pemula Agar Blog Berkualitas dan Rame Pengunjung!"