Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Blog Untuk Pemula | Bagian 1

Buat Blog

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Halo teman-teman semuanya.

Pada artikel kali ini saya akan coba sharing dan sama - sama belajar bagaimana belajar membuat blog di blogger.com.

Blog merupakan hal yang sudah tidak asing mungkin ya bagi teman-teman semuanya. Apalagi yang sering menggunakan internet atau yang berbisnis di dunia maya, pastilah sangat mengenal blog. Kalau kita lihat dan amati saat ini, sudah banyak blog dengan berbagai macam template unik dan keren bertebaran di internet yang tujuannya untuk menarik minat danmendatangkan pengunjung atau viewers. Ada yang sampai membeli template blog dari harga yang murah sampai yang mahal. 

Alangkah baiknya jika teman-teman bisa membuat blog sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sendiri. Untuk membuat blog kita bisa masuk ke blogger.com atau bisa juga ke situs  wordpress.com

Disini kita coba langkah demi langkah untuk membuat blognya di situs blogger.com. InshaAllah pada kesempatan yang lain kita coba buat blognya di wordpress.com

Langkah pertama untuk membuat blog di blogger.com, temen-temen masuk dulu ke Google Chrome lalu ketikan blogger.com dan kita tunggu proses loadingnya. 

Situs https://www.blogger.com seperti ini

Untuk membuat blognya, langsung saja klik "CREATE YOUR BLOG"

Selanjutnya pilih akun email yang akan digunakan untuk membuat blognya. Lalu masukan kata sandinya jika diharuskan memasukkan kata sandi. Kata sandi disini bukan kata sandi baru ya, melainkan kata sandi dari akun email tersebut.


Setelah memasukan kata sandi akun emailnya lansung klik Next.

Kemudian proses akan berlanjut ke tahap selanjutnya. Yaitu ke halaman blog. tampilannya seperti di bawah.

Langsung saja klik Create Blog yang ada di sebelah kiri atas. 

Maka akan muncul tampilan Title untuk nama judul blog. Silakan kalian tulisan judul blog yang kalian inginkan sesuai dengan kebutuhan. Kala sudah klik saja Next.


Selanjutnya kalian masukkan akan diminta untuk memasukan alamat blognya. sebagai keterangan ketika menuliskan alamat blog nanti di bawahnya akan ada keterangan ketersediaannya alamat blog tersebut. Ada 2 keterangan yang akan muncul, yaitu :
  • This blog address is not avaibleartinya alamat blog ini tersedia, jadi alamat blog ini bisa digunakan.
  • Sorry, this blog address is not avaible, artinya alamat blog ini tidak tersedia, atau nama alamat blog ini sudah digunakan oleh orang lain jadi silakan ganti dan gunakan alamat blog yang lain yang tersedia. dan Biasanya tulisannya berwarna merah.

Kalau sudah menentukan alamat blognya, langsung Save atau simpan. 

Inilah tampilan blog yang sudah selesai.

Sampai disini kita sudah selesai membuat blog nya. Tinggal mengelolanya dengan berbagai hal yang bisa kita lakukan, dengan menu yang tersedia di blognya yang memiliki fungsi berbeda-beda. Di bawah ini fungsi dari menu yang ada di blog.

  • Post  : Membuat postingan
  • Stats : Melihat statistik pengunjung blog kita
  • Comments : Melihat komentar-komentar yang ada di blog
  • Earning : Melihat penghasilan blog dari adsense/iklan dengan mendaftarkan blog ke google adsense.
  • Pages : Melihat halaman blog
  • Layout : Melihat dan mengatur tata letak template dari blog
  • Theme : Tema dari blog dan bisa diganti temanya
  • Setting : Pengaturan blog
  • Reading List : Daftar Bacaan yan disematkan di blog
  • View Blog : Untuk menampilkan blog

Oke itu saja ya tutorial untuk membuat blog di blogger.com. Kita akan lanjut membahas ke bagian-bagian blog yang lainnya. Kita akan mencoba kupas tuntas semua menu yang ada di blognya. Seperti membuat postingan, mengupload mengganti tema blog dan ada pengaturan setting. 

Seperti itu ya teman-teman, pembahasan tentang cara buat blog untuk pemula bagian 1. Kita akan lanjut di membuat blog bagian 2 masih tentang blogger.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Buat Blog Untuk Pemula | Bagian 1"