Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Topologi dan Kebutuhan Perangkat | Dasar-Dasar TJKT Kelas 10

Penjelasan secara sederhana mengenai topologi dalam sebuah RT RW Net akan dibahas secara lengkap sebagai berikut di bawah ini:

Proses topologi perangkat dalam sebuah RT RW Net tahapannya dimulai dari Modem - Router - Pemancar Wifi - Antena Penerima - Client

Alat yang di gunakan untuk membangun Hotspot RT RW Net agar jaringan dapat berjalan dengan baik, alat - alat yang perlu di persiapkan adalah internet Unlimited yang di gunakan sebagai Backbone pemancar wireless peralatan yang dibutuhkan antara lain.

Penyebaran Topologi RT RW Net 

a. Router Mikrotik 

Router Mikrotik dibuat dan desain untuk agar mudah digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer, misalnya seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer dalam skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

Sekarang ini cukup banyak usaha warnet yang menggunakan mikrotik sebagai routernya, dan tentu hasilnya membuat mereka merasa puas dengan dampak yang diberikan mikrotik.
Router Miktorik 
 

b. Access Point 

Access point berfungsi untuk memancarkan jaringan wireless dari jaringan LAN kabel yang selanjutnya akan di terima oleh tetangga terdekat, jarak jangkauan tergantung dari spesifikasi AP (access point) rata rata bisa tembus hingga 100 m dan di cek dengan menggunakan perangkat smartphone.

Namun jika jarak antar rumah lumayan jauh bisa menggunakan wireless outdor yang di set menjadi station bagian clientnya.

Bullet M2 

c. Antena (Omni)

Untuk memperluas jangkauan area hingga beberapa kilometer diperlukan antena omni eksternal atau jenis antena yang lain seperti sektoral. Antena omni ini memancarkan radiasi 360 derajat, jadi cocok untuk bisa menjangkau antena penerima client dari arah mana saja.

Antena Omni 

d. Box Access Point 

Untuk melindungi access point dari hujan, di perlukan box berbentuk kotak tahan air rata rata sudah di lengkapi kunci pengaman di pasang persis di bawah antena box ini khusus jika kita menggunakan perangkat wireless indoor, namun jika perangkat wireless kita adalah outdor, maka tidak perlu menggunakan Box Access Point ini.
Box Acces Point Outdoor 

e. Kabel Pigtail 

Kabel pigtail ini di gunakan untuk menghubungkan antena omni dengan access point, namun ada juga access point tidak memerlukan kabel pigtail karena antena sudah menjadi satu bagian dengan AP. Perangkat outdoor seperti bullet tidak memerlukan kabel seperti ini.

f. POE (Power Over Ethernet) 

Agar kabel listrik tidak di naikkan ke atas untuk tegangan Access Point maka di perlukan alat “POE” yang berfungsi mengalirkan listrik melalui kabel ethernet atau kabel UTP melalui injeksi daya listrik. 

Jika menggunakan perangkat ini maka kita tidak perlu repot lagi, untuk mengulur kabel listrik ke atas tower menjadi lebih praktis.

g. Kabel UTP 

Kabel UTP / STP ini sangat di butuhkan untuk bisa menghubungkan Access Point dengan jaringan kabel LAN local dan di pasangkan ke komputer gateway/router atau ke switch. 

Pilihan kabel UTP berkualitas baik bisa meningkatkan kualitas arus listrik yang di lewati melalui perangkat POE.


h. Penangkal Petir

Grounding sebagai penangkal petir biasanya di tanam dengan batang tembaga hingga kedalaman beberapa meter. Grounding yang kualitas dan pemasangannya kurang baik menyebabkan perangkat wireless rentan terhadap gangguan petir.

i. Tower 

Guna mendapat jangkauan area coverage yang maksimal, kalian perlu menaikan antena omni eksternal ke tempat yang tinggi agar client WLAN bisa mengakses wifi hotspot Dengan menggunakan alat sesuai topologi diatas, kita bisa memulai berhitung nilai investasi yang dibutuhkan untuk memulai usaha RT RW Net ini.

Demikianlah materi artikel tentang Topologi dan Kebutuhan Perangkat lengkap dengan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan keilmuan tentang Topologi dan Kebutuhan Perangkat .

Jika teman-teman menemukan kesalahan baik dari segi penjelasan maupun penulisan, mohon kritik dan sarannya yang membangun untuk kemajuan blog ini dan kebaikan bersama. Silakan teman-teman bisa bantu share blog ini kepada yang lainnya agar lebih banyak yang tahu.

Artikel materi lainnya secepatnya segera akan kami update. Jika ada permintaan materi atau artikel apa yang mau di post silakan tuliskan di kolom komentar ya.

Posting Komentar untuk "Topologi dan Kebutuhan Perangkat | Dasar-Dasar TJKT Kelas 10"