Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah !!! Buat Ukuran Kertas F4 di Word dan Excel

Word Excel

Printer merupakan salah satu perangkat eksternal yang berfungsi sebagai alat cetak/print dari sebuah komputer. Hasil cetak sebuah printer bisa bermacam-macam. Ada yang berupa teks dan juga gambar yang tentunya dengan pilihan warna yang berbeda dan tentunya kita juga bisa mencetaknya dengan hanya warna hitam putih atau disebut juga graysale. 

Selain mengenai warna, tentunya ukuran kertasnya pun bisa diatur sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Pilihan ukuran kertas pun banyak tersedia secara otomatis. Akan tetapi meskipun ada ukuran kertas yang tersedia di Microsoft Office Excel, ternyata ada jenis ukuran yang tidak ada di default Microsoft Office Excelnya, yaitu ukuran F4 atau biasa kita sebut HVS. 

Biasanya ukuran kertas F4 atau HVS adalah ukuran yang paling sering digunakan. Beratnya pun bermacam-macam. Ada yang 60 gram, 70 gram dan yang paling tebal biasanya beratnya sampai 80gram. 

Kertas F4 atau HVS mempunyai ukuran kertas dengan tinggi 33cm dan lebarnya 21,59 cm. Apakah ini artinya kita tidak bisa mencetak dengan ukuran tersebut? Jawabannya bisa juga. Kita bisa mencetak kertas dengan ukuran F4 atau HVS ini di Microsoft Office Excel. Akan tetapi untuk mengatur ukuran kertasnya harus secara manual. Lho ko bisa? Bisa banget dong!

Mungkin ada yang pernah mengalami hal ini, ketika asyik-asyiknya sambil serius, kita sedang bekerja dengan Microsoft Office Excel. Misalkan kita sedang membuat sebuah laporan keuangan atau sedang melakukan pekerjaan dengan menggunakan Microsoft Office Excel. Lalu kita diminta untuk mencetak laporan atau pekerjaan tersebut dalam bentuk printout dokumen kertas ukuran F4. 

Kemudian ketika hendak akan mencetak dokumennya melalui printer, ternyata ukuran F4 atau HVS itu tidak tersedia. Lalu kita mengalami kesulitan ketika akan mengatur ukuran kertasnya, sedangkan default ukuran kertas di Microsoft Office Excel ternyata tidak ada. Untuk ukuran yang lain, semisal Letter, Legal, atau A4 mungkin masih ada. Tapi bagaimana kalau ukuran yang kita inginkan adalah ukuran F4 yang tidak ada di list default ukuran kertasnya. 

Sebetulnya caranya sangat mudah sekali untuk mengatur ukuran kertas F4 atau HVS nya. Silakan di simak baik-baik penjelasannya di bawah ini. 

Oia baru inget, Saya mau kasih penjelasannya sedikit lagi ya, tadi ada yang terlewat. 

Cara Mengatur Kertas Ukuran F4 di Microsoft Office Word

Untuk di Microsoft Office Word mungkin tidak akan mengalami kesulitan ketika akan mengatur ukuran kertasnya. Dan masih bisa langsung di tentukan ukurannya. Berikut di bawah ini caranya :

  • Langkah pertama kita ke masuk dulu ke Menu Bar Microsoft Office Word 
  • Kemudian cari dan klik Layout.
  • Kemudian klik Size
  • Scroll ke bawah paling ujung dan klik More Paper Size 
  • Kemudian atur ukuran kertasnya. Misalkan kita mau mengatur ukurannya menjadi F4 atau HVS, maka rubah Width nya 21,59 cm dan Height nya 33 cm.
  • Klik Ok
  • Selesai

Itulah cara mengatur ukuran kertas F4 atau HVS di Microsoft Office Word. Untuk lebih lengkapnya bisa di lihat pada gambar di bawah ini.

Membuat Ukuran Kertas F4 atau HVS di Microsoft Excel

Pada kesempatan ini kita akan mencoba mengatur ukuran kertas di Microsoft Office Excel. Mengatur ukuran kertas di Microsoft Office Excel berbeda dengan mengatur kertas di Microsoft Office Word. 

Di Microsoft Office Excel mengatur ukuran kertasnya tidak bisa langsung seperti di Microsoft Office Word, karena tidak ada pilihan untuk edit manual langsung di menu ukuran kertasnya. Akan tetapi pengaturan ukurannya masih bisa dilakukan kok. Tenang saja!


Lantas, bagaimana caranya agar kita bisa mengatur secara ukuran kertas di Microsoft Office Excel sesuai dengan ukuran kertas yang kita inginkan?

Langkah-langkah cara mengatur kertas F4 di Microsoft Office Excel

1. Langkah pertama kita masuk ke lembar kerja Excel dengan mengklik File - New
2. Kemudian tekan CTRL + P, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.


3. Selanjutnya maka kita akan dibawa ke halaman untuk print dokumen.

4. Kemudian cari menu Printer Properties kemudian enter.

5. Setelah mengklik printer propertis, kemudian kita akan dibawa page atau halaman seperti tampilan di bawah ini.

6. Kemudian kita klik ke menu ukuran dokumen

7. Cari menu pilihan Ditentukan Pengguna yang berada di ujung paling bawah menu pilihan kertasnya.

8. Lalu masukan nama ukuran kertasnya. Misalkan kita simpan dengan nama F4 atau HVS agar tidak tertukar dengan ukuran kertas yang lainnya. 

9. Selanjutnya kita tentukan ukuran lebar (Width) dan tinggi (Height) kertasnya dengan menggunakan ukuran mm. Misalkan kita seting ke ukuran F4 berarti ukuran lebar (Width) nya 210 mm dan ukuran tinggi (Height) nya 330 mm. 

10. Setelah selesai klik OK.

11. Setelah itu kita masuk lagi ke halaman kerja Microsoft Office Excelnya. Kemudian masuk ke Page Layout. 

12. Pilih di paper size, maka akan muncul ukuran kertas yang tadi sudah kita buat. Biasanya posisi kertasnya ada dipaling bawah. 

13. Terus klik OK dan Selesai. Ukuran kertas yang kita buat sudah bisa dipakai 





Demikianlah postingan artikel tentang Membuat ukuran kertas F4 atau HVS di Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel

Posting Komentar untuk "Cara Mudah !!! Buat Ukuran Kertas F4 di Word dan Excel"