Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuat Blog!

Buat Blog

Blog. Tidak asing kan dengan istilah itu? atau bisa jadi ada yang sudah mempunyai blog, baik itu blog pribadi atau blog bisnis.

Perkembangan blog saat ini bisa dibilang cukup signifikan cepat ya. Mungkin dulu orang - orang bikin blog hanya untuk sekedar menuangkan hobi atau ceritanya melalui tulisan di blog. Tapi saat ini blog bisa dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan penghasilan. 

Bahkan tidak sedikit yang menjadikan blog sebagai tempat bisnis, karena bisa lebih menghasilkan dari pada usaha secara offline. Menarik kan? 

Gimana sih cara buat blog itu?

Sebetulnya, membuat blog itu gampang banget. Kamu ngga perlu menguasai skill membuat coding program atau kemampuan teknis yang terlalu rumit. Apalagi sekarang sudah banyak pilihan platform blog yang bisa kamu pilih dan mudah untuk dibuat dan digunakan.

Pada kesempatan ini, Saya akan coba nunjukin ke kamu cara paling gampang untuk membuat blog, dan hal apa aja nih yang perlu dipersiapkan oleh kamu sebelum membuat blog, agar blog kita bisa maksimal dan berkembang tentunya.

Penasaran, kan?

Oke kita langsung saya ke pembahasannya di bawah ini ya!

Hal yang harus diperhatikan sebelum membuat blog.

#Pertama, Tentukan topik utama sesuai dengan minat kamu.

Sebuah blog pastinya membutuhkan pengelolaan dalam jangka waktu yang panjang agar menjadi blog yang berkualitas dan tentunya menarik. Jadi, pastikan kamu memilih topik yang sesuai dengan hobi dan minat kamu. Kenapa? karena dengan begitu, ketika membuat konten, kamu tak akan merasa terbebani dan tidak akan mudah jenuh. 

Ada banyak sekali topik-topik blog yang bisa kamu suguhkan. Mulai dari topik tentang traveling, marketing, kecantikan, kuliner makanan, dan lain sebagainya. 

Tapi ingat juga, poin pentingnya, Jangan mudah percaya dengan kata orang yang mengatakan jika hanya topik-topik tertentu saja yang bisa menghasilkan uang. Sebab, setiap topik selalu punya audiensnya masing-masing. Malahan, semakin unik topik yang kamu pilih, semakin mudah kamu diingat oleh audiens.

#Kedua, Kamu perlu pilih platform blog terbaik.

Sebetulnya, ada banyak sekali platform blog yang bisa kamu pilih. Misalnya, WordPress, Blogspot, Wix, Weebly dan lain sebagainya.

Platform blog ini tentunya punya kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tapi, supaya mudah, saya sarankan Kamu untuk pakai WordPress. 

Kenapa?

Pertama, karena WordPress sangat ramah untuk pemula. Kedua, meskipun terbilang cukukp mudah untuk digunakan, bukan berarti blog yang dibuatnya berkualitas rendah. Ketiga, WordPress mempunyai banyak komunitas pengguna yang sangat besar. Jadi, ketika Anda butuh bantuan, ada banyak sekali orang yang bisa membantu Anda.

#Ketiga, Kamu perlu pilih layanan hosting terbaik untuk blogmu. 

Ada berbagai jenis hosting yang bisa Kamu gunakan, dari shared hosting, cloud hosting, hingga VPS hosting. Shared hosting merupakan jenis hosting yang bisa dibilang paling cocok untuk pembuatan blog di tahap awal.

Alasannya cukup sederhana, Karena shared hosting merupakan salahsatu jenis hosting yang cukup terjangkau harganya, dan paling mudah juga untuk bisa dikelola.

#Keempat, Kamu perlu tentukan nama domain yang mudah diingat. 

Selain membutuhkan hosting, kamu juga butuh mempersiapkan domain untuk blog. Apa itu domain? Domain adalah alamat yang digunakan untuk dapat mengakses website kamu. 

Sebagai contoh untuk nama domain blog yang sedang kamu kunjungi saat ini adalah www.diskusikita.com. Nama domain dengan ekstensi .com.

Selain domain yang disebutkan tadi, ada juga pilihan ekstensi domain yang bisa menjadi pilihan kamu. Untuk contohnya seperti .id, .online, .my.id dan lain sebagainya. 

Supaya tak bingung, Saya punya tips untuk menentukan nama domain. 

  • Pertama, pilih nama domain yang mudah dieja.
  • Kedua, pilih nama domain yang singkat. 
  • Ketiga, hindari angka dan tanda hubung. 
  • Yang terakhir, pastikan nama domain berhubungan dengan topik atau konten blog Kamu.

Nah, itu tadi semua hal yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat blog. Sudah ada gambaran, kan?

Yuk selamat mencoba membuat blog.

Posting Komentar untuk "Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuat Blog!"