Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenali Lembar Kerja Microsoft Office Word

Assalamu'alaikum Sobat semuanya.

Saya mendoakan sobat semuanya tetap terus ada dalam kondisi sehat walafiat dan senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Aamin.

Alhamdulillah akhirnya bisa ngeblog lagi nih. Setelah sekian lama menganggur nulis. He..he..he... Insha Allah untuk ke depannya akan terus konsisten sharing artikel di blog ini. Mohon doanya dari teman-teman semua agar saya terus sehat walafiat.

Pada kesempatan ini saya akan mencoba sharing pengetahuan dan keterampilan saya dalam menjalankan atau menggunakan Microsoft Office. Kenapa Microsoft Office? Karena Microsoft Office lumayan saya kuasai ilmunya. 

Untuk sharing pada kesempatan ini saya akan coba membahas Microsoft Office Word. Mungkin kedepannya tidak hanya Microsoft Office Word tapi juga Microsoft Office yang lainnya seperti Microsoft Office Excel dan Microsoft Office PowerPoint. 

Oke untuk artikel awalan tentang Microsoft Office Word ini saya akan menjabarkan tentang bagian-bagian lembar atau kertas kerja pada Microsoft Office Word. 

Ok untuk pertemuan pertama ini kita mulai dari pengenalan bagian strukturnya setelah itu baru kita mulai mengenal dan mengoperasikan fungsi - fungsinya. Saya akan coba jelaskan perlahan agar mudah dipahami dan dimengerti untuk praktiknya. 

Saya menganjurkan ketika belajar bagusnya sambil praktek juga agar bisa cepat mengerti.

Tampilan dari setiap Microsoft Office pastinya berbeda. Secara garis besar tampilan dari Microsoft Office Word adalah seperti gambar di bawah ini.

Lembar Kerja Microsoft Office Word

Saya akan coba jelaskan mulai dari bagian atas lembar kerjanya sampai struktur yang bagian terbawah dari lembar kerja Ms. Word ini.

1. Title Bar (Judul Dokumen)

Bagian yang pertama adalah Title bar. Title Bar merupakan bagian teratas dari lembar kerja Microsoft Office Word, yang merupakan nama dokumen atau judul dokumen yang kita sedang atau sudah buat. 

Biasanya ketika pertama kali kita membuat lembar kerja Microsoft Office Word nama atau judul lembar kerjanya akan  otomatis mempunyai judul " Document1 ". Tapi tenang saja karena nanti judul tersebut bisa kita ubah dan ganti sesuai dengan kebutuhan.

Tampilan Title Bar pada Microsoft Office Word

2. Menu Bar

Bagian yang kedua dari lembar kerja Microsoft Office Word adalah Menu Bar. Menu Bar merupakan kumpulan baris menu yang ada di lembar kerja Microsoft Office Word. Menu Bar terdiri dari menu File, Home, Insert, Design, Layout, References, Mailings, Review, Help dan Tell me what you want to do. Tentunya setiap menu dari menu bar tersebut mempunyai fungsi yang berbeda - beda. 

Nanti kita akan bahas lebih lanjut mengenai fungsinya.

Tampilan Menu Bar Microsoft Office Word

3. ToolBar

Bagian ketiga adalah Toolbar. Toolbar adalah submenu dari menu bar yang berisi alat bantu atau fitur dari bagian menu bar dengan fungsinya masing-masing yang berbeda. 

Bagian - bagian toolbar tergantung dari Menu bar apa yang sedang digunakan. Misalkan menu bar Home mempunyai toolbar yang terdiri dari 5 group, yaitu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, dan Editing.

Tampilan Toolbar pada Microsoft Office Word

 4. Ruler

Bagian Microsoft Office Word yang keempat adalah Ruler. Ruler adalah fitur alat ukuran dalam lembar kerja microsoft word yang fungsinya untuk mengatur tata letak teks atau gambar. Mengatur jarak atau posisi sebelah atas, bawah, kiri, dan kanan. 

Tampilan Ruler

Tampilan Ruler pada lembar kerja Microsoft Office Word

5. Status Bar

Bagian terakhir dari lembar kerja Microsoft Office Word adalah Status Bar. Status bar merupakan bagian lembar kerja Microsoft Office Word yang menunjukan data - data ketika lembar kerja Microsoft Office Word sedang digunakan. 

Misalnya jumlah halaman, jumlah kata, memperbesar tampilan lembar kerja Microsoft Office Word, dan lain sebagainya. 

Tampilan Status Bar Microsoft Office Word
Status bar terletak pada bagian paling bawah pada lembar kerja Microsoft Office Word.

Demikianlah artikel tentang Bagian-Bagian Lembar Kerja Microsoft Word lengkap dengan penjelasannya. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan keilmuan tentang bagian - bagian lembar kerja pada microsoft office word.

Posting Komentar untuk "Mengenali Lembar Kerja Microsoft Office Word"