Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Page Border di Microsoft Office Word

Page border adalah garis tepi dari sebuah halaman atau kertas kerja Microsoft Office Word. Page border bisa dibilang sebagai pembatas teks dari tulisan di microsoft office word dengan bentuk yang bermacam-macam.

Contoh page border dengan bentuk atau model yang biasa bisa dilihat seperti pada gambar di bawah ini.

Biasanya page border dibuat sebagai batas dari margin lembar kerja Microsoft Office Word yang salahsatu fungsinya adalah untuk mempercantik dan memperindah batas atas, bawah, kanan dan kiri halaman kerja. Page border bisa juga dibuat untuk cover atau sampul depan dari sebuah laporan. 

Bentuk atau model dari page border Microsoft Office Word pun ada bermacam - macam. Beragam bentuk dan warna tersedia di aplikasi bawaan Microsoft Office Wordnya, sehingga kita tidak perlu mendownloadnya lagi, kita hanya tinggal memilih saja bentuk dan warnanya sesuai kebutuhan kita. 

Contoh dari model bentuk dari page border bisa kita lihat pada gambar di bawah ini.
Page border dengan bentuk buah apel

Page border dengan bentuk balon
Page border dengan bentuk bunga

Page border dengan bentuk manusia

Model bentuk page border di atas adalah beberapa contoh saja. Karena masih banyak modl bentuk dan warna yang yang bisa di coba. Cukup menarik kan? Bagaimana cara membuatnya? Yuk kita coba belajar sama-sama.

Membuat Page Border di Microsoft Office Word

  • Langkah pertama kita buka dulu lembar kerja Microsoft Office Wordnya.
  • Kemudian Klik Start > Word > New > Blank Document. 

  • Maka akan terlihat tampilan lembar kerja microsoft word

  • Klik menu Design – Page Border

  • Akan muncul menu dari page border yang akan kita buat di bawah ini

Disini bisa kita lihat ada beberapa pilihan menu dan fitur, mungkin ada yang sudah mengetahui dan ada juga yang baru tahu, Saya akan coba menjelaskan satu persatu fungsinya.

Dibagian tab menu ada tab Borders, Page Border dan Shading. Khusus pada kesempatan ini saya hanya akan membahas yang page border, karena kita akan membuat itu. Untuk tab menu yang lainnya akan kita bahas lain waktu ya. 

Bagian yang pertama dari menu page border adalah bagian Setting yang terdiri dari None, Box, Shadow, 3-D dan Custom.  Kali ini saya hanya akan membahas yang Box saja terlebih dahulu, karena hanya bagian itu yang sering digunakan untuk membuat page border. Bagian yang lainnya akan kita bahas pada kesempatan yang lain.

Pada bagian menu kedua, ada menu Style, Color, Width dan Art. Saya bahas satu persatu di bawah ini.

Style

Fungsi dari menu style adalah untuk memilih bentuk garis dari page border yang diinginkan atau dibutuhkan. Ada banyak pilihan bentuk garisnya, untuk melihatnya bisa langsung di scrol ke bawah saja kemudia pilih jenis garisnya.

Color

Fungsi dari menu color ini adalah untuk memilih warna garis page border.

Width

Fungsi dari menu width adalah untuk menentukan seberapa lebar atau ketebalan dari garis page bordernya yang anda butuhkan. Semain ke bawah semakin tebal pilihan ketebalannya.

Art

Art adalah bentuk dari macam - macam bentuk page bordernya selain garis. Pilihannya pun banyak. Mulai dari tema tumbuhan, makanan dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkap bisa melihat langsung di scroll ke bawah pilihannya.

Preview

Preview merupakan pratinjau dari page border yang sudah dibuat sebelum di tampilkan.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang menu menu dari page border. Oke kita langsung praktik saja coba buat contohnya. Di bawah ini saya sudah mempunyai lembar kerja Microsoft Office Word dengan contoh teksnya. 

Kita akan coba membuat setingan page bordernya. 

  • Langkah pertama Klik Box
  • Kemudian untuk page bordernya saya akan menggunakan widht 7 dan Art bunga.

  • Kemudian klik OK. Maka hasilnya kan seperti ini

Itulah tadi penjelasan tentang bagaimana membuat page border di Microsoft Office Word.
Semoga bermanfaat dan bisa membantu.

Posting Komentar untuk "Buat Page Border di Microsoft Office Word"