Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Internet di Indonesia Lemot?

Kenapa Internet di Indonesia Lemot?

Koneksi internet indonesia.

Sebuah topik yang sangat menarik dan kontroversial, khususnya bagi kita para pengguna internet di Indonesia. Kenapa? Karena jaringan internet di Indonesia sangat bikin emosi! Seperti yang sering ditanyakan oleh para netizen atau pengguna internet di Indonesia.

Kenapa jaringan internet Indonesia lemot banget, tidak seperti di negara lainnya. Yang pasti bukan karena tiangnya yang kurang tinggi atau tiang pemancarnya kurang banyak.

Admin akan coba bahas beberapa faktor yang menyebabkan mengapa jaringan internet di Indonesia itu lemot. Penjelasan lengkap di bawah ini.

#1. Infrastruktur

Infrastruktur adalah faktor pertama yang menyebabkan internet di Indonesia itu lemot. Ya, internet itu pada dasarnya membutuhkan infrastruktur untuk memasang dan menginstalasinya. Sebuah perusahaan atau instansi harus membangun dan menyusun kabel telefon, kabel fiber optik, hingga tiang pemancar untuk memasang jaringan internet, yang bisa jadi harganya mencapai miliaran, hanya untuk bisa browsing dan streaming video dengan lancar.

Perkembangan internet pun sebanding dengan kondisi infrastruktur lainnya. Seperti infrastruktur jalan raya kita masih banyak yang bolong, jembatan-jembatan masih banyak yang rusak. Bahkan masih banyak desa-desa yang pelayanan listrik aja belum punya. Artinya apa? Membangun infrastruktur itu tidaklah mudah, tidaklah murah dan tentunya membutuhkan dana yang sangat banyak. Ya ... Alasan yang paling klasik

Itulah salah satu bedanya kita dengan negara - negara lainnya. yaitu modalnya atau duitnya.

Provider internet adalah industri bisnis yang sangat Capital IntensiveCapital intensive Artinya membutuhkan modal yang lumayan besar untuk mulai di indutri bisnis ini. 

Tapi pada kenyataannya beberapa negara yang lain juga ada yang tidak lebih kaya dari negara Indonesia, misalkan saja seperti negara tetangga. Tapi jaringan internetnya malah bisa lebih cepat dan tidak lemot. Ternyata alasannya adalah karena faktor geografis negara tersebut berbeda dengan geografis negara Indonesia. Pembahasan lengkapnya di bawah ini.

#2. Faktor geografis

Faktor kedua yang menyebabkan internet di Indonesia itu lemot adalah faktor geografis. Terkadang kita lupa, bahwa negara Indonesia itu wilayahnya ternyata luas banget. Belum lagi ada banyak hutan rimba, banyak pegunungan yang lumayan tinggi dan juga lautan. Artinya, kondisi geografis negara Indonesia dengan kondisi seperti ini menciptakan tantangan - tantangan tersendiri bagi kita dalam membangun infrastruktur. Tidak seperti negara - negara lainnya.

Sebagai contoh, misalkan kita mau membangun sebuah rumah. Tapi kalau kita tidak punya uang mana bisa kita membangun rumah, karena membangun rumah itu membutuhkan biaya yang mahal. Apalagi rumah kita banyak tantangan geografisnya. Maka jadilah rumah kita dibangun seadanya. Seperti halnya kondisi internet di Indonesia pun kondisinya seperti itu, memiliki jaringan internet yang seadanya juga.

Jadi ya, kesimpulannya sudah kita dengar berkali-kali di berita, internet negara Indonesia adalah internet terlemot di dunia atau yang lebih terbaru lagi adalah Indonesia adalah negara dengan Internet terlemot kedua di dunia.

Tapi itu hanyalah berita yang mungkin tidak berdasar, silahkan bisa di googling di internet untuk informasi lengkapnya.

Tapi dibalik kendala di atas itu semua, apapun yang terjadi jangan pernah membenci internet, karena internet adalah tempat yang keren dan bisa memberikan banyak manfaat. Seperti bisa mencari berbagai sumber informasi, tersedia ensiklopedia gratis dengan berbagai kategori dan juga menjadi tempat mencari dan mendownload video serta bisa streaming film kesukaan kalian.

Yuk kita menjadi orang yang bijak dalam memakai internet agar bisa menjadi manfaat dan bisa membantu dalam segala hal.

Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Kenapa Internet di Indonesia Lemot?"