Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebiasaan Buruk Yang Bikin Laptop Cepat Rusak!!!

Kebiasaan Buruk Yang Bikin Laptop Cepat Rusak!!!

Bisa dibilang perangkat laptop saat ini telah menjelma menjadi salah satu kebutuhan primer bagi sejumlah kalangan, mulai dari Office Worker, Content Creator, anak kuliahan bahkan sekolah aja ujiannya udah pada pakai laptop. Jadi laptop sudah menjadi sesuatu yang umum dimiliki oleh masyarakat umum.

Selain praktis, laptop bisa diandalkan untuk menunjang kegiatan kita sehari-hari. Tapi ternyata sangat disayangkan, tanpa disadari masih adanya kesalahan-kesalahan yang sebetulnya sepele yang biasa kita lakukan yang ujung-ujungnya ternyata bakal menurunkan performa dan kualitas laptop itu sendiri, akhirnya jadi tidak bisa dipakai karena mengalami kerusakan.

Oke kita langsung bahas satu persatu.

#1. Kebiasaan pertama adalah menutup laptop masih dalam keadaan menyala

Dalam keadaan masih menyala seperti itu tentunya akan mengurangi usia laptop itu sendiri. Secara otomatis juga menurunkan performanya secara perlahan. 

Sebaiknya ketika laptop dimatikan, tunggu beberapa saat agar panas yang dihasilkan laptop dapat tersalurkan sirkulasinya dengan baik. Oh iya, mode sleep atau hibernate ternyata bukan solusi ya, karena hal tersebut hanya mensetting laptop kalian untuk tetap siaga. 

Jadi ketika kondisi tersebut masih ada beberapa sistem di dalamnya yang masih ada yang bekerja. Kalau hanya untuk menunggu waktu istirahat sih tidak masalah. Tapi kalau kalian terus-terusan dilakukan akan menyebabkan kondisi laptop cepat rusak. 

#2. Kebiasaan buruk berikutnya adalah berkaitan dengan cara pengisian daya atau baterai yang masih salah. 

Jangan biarkan baterai laptop kita sampai habis sama sekali dan juga jangan mengisi daya laptop kalau ternyata kondisinya masih diatas 30%. Jadi sebaiknya biasakan mengisi baterai ketika muncul notifikasi untuk dicas atau sekitar 10%an. 

Karena kebiasaan buruk ini bisa mengurangi kemampuan daya baterai dalam menyimpan daya dan lama-kelamaan baterai laptop kalian bisa jadi drop atau bahkan rusak.

Oh iya, yang satu ini juga harus diingatkan. Ngomong-ngomong adakah diantara kita yang masih suka lalai dengan urutan mencas baterai laptop? Sebetulnya bagaimana sih cara yang benar dalam mencas daya baterai laptop? 

Urutan yang benar dalam mencas laptop adalah dengan memasang kabel listriknya terlebih dahulu baru hubungkan ke laptop kalian. Kenapa harus begitu? Soalnya ketika pertama kali di colokan, loncatan daya listrik dari chargernya tidak stabil. 

Jika kesalahan seperti ini dilakukan berulang-ulang, maka motherboard laptop kalian pastinya akan mengalami kerusakan dengan cepat. 

Dan satu lagi ya perlu admin ingatkan. Meskipun kalian sedang terburu-buru, tetap saja usahakan jangan mencabut charger laptop dengan kasar ya. Jangan mencabut atau mengeluarkan komponen eksternal secara paksa atau digoyang-goyangkan. 

Kebiasaan ini paling sering diabaikan, bukan hanya karena sedang buru-buru tapi juga saat kalian merasa terlalu keras. Karena ketika kita sering melepas maupun memasang dengan cara seperti itu, perlahan bisa membuat port atau tempat colokan yang ada dilaptop akan membuatnya menjadi longgar. 

Ujung-ujungnya hardisk ataupun perangkat eksternal lainnya akan sulit terbaca karena portnya sudah kendor. Walaupun keras sebaiknya dibiasakan untuk mencabut komponen eksternalnya kearah yang lurus dengan kuat. Kalian juga bisa menekan bagian keras laptop sebagai tumpuan untuk mencabutnya.

#3. Kebiasaan menggunakan laptop di kasur, di sofa dan di atas pangkuan.

Emang terasa nyaman sih, tapi tanpa sadar akan menghambat aliran udara di bawah laptop sehingga mengganggu sirkulasinya. Bahan laptop yang seperti kita ketahui seperti itu memang gak bisa menyerap hawa panas, sedangkan lubang ventilasinya kalian tutup. 

Pastinya laptop kalian akan jadi lebih cepat panas, udah gitu debu-debu yang berada di sekitarnya pun kemungkinan besar bisa masuk ke dalam laptop. 

Kebiasaan ini wajib dihilangkan. Makanya kami sarankan untuk menggunakan latar-latar di tempat yang lebih terbuka yang memang bisa menjaga sirkulasi udaranya. Saat ini pun banyak di tempat-tempat umum yang sudah menyediakan area khusus buat kalian yang mau menggunakan laptop.

#4. Kebiasaan pakai laptop sambil menikmati makanan maupun minuman.

Kebiasaan ini mungkin salahsatu kebiasaan favorit kita, menimpan makanan atau minuman didekat laptop. Kemungkinan laptop terkena cairan atau sisa makanan sangat mungkin terjadi. 

Walaupun banyak laptop yang dilengkapi dengan pengaman laptop baik keyboard ataupun screennya, sebaiknya berilah jarak antara posisi laptop dengan makanan dan minuman. 

#5. Jarang membersihkan laptop

Tanpa kita sadari kotoran-kotoran debu akan mengotori dan menempel dilaptop kita. Debu yang banyak menempel bisa mengganggu kinerja dan perangkat laptop kalian. 

Debu-debu tersebut sering kita jumpai di bagian layar, area keyboard dan sekitarnya. Maka dari itu sekarang apabila kita membuka laptop alangkah baiknya langsung saja dibersihkan. Begitu pun ketika kalian selesai menggunakannya. 

Pilih bahan yang halus kemudian bersihkan dengan cara diputar pelan-pelan saja. Pastikan  setiap bagian laptop terbebas dari kotoran dan debu yang membandel ya. 

Khusus untuk bagian keyboard, membersihkannya bisa menggunakan sikat kecil yang halus karena biasanya kotoran debunya berada di bawah tombol keyboard, agar memudahkan membersihkannya.

Kita pasti ingin setiap laptop kita tetap awet dan performanya tetap konsisten . Tapi mau secanggih apapun laptopnya kalau kita masih sembrono pakainya dan merawatnya tetap aja bakal rusak. Makanya berhenti melakukan kesalahan yang sudah kita sebutin tadi ya. 

YT: Paradise Store Indonesia

Demikian artikel tentang Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak!!! lengkap dengan penjelasannya. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua, baik untuk menambah ilmu, mengerjakan tugas, maupun untuk sekedar menambah wawasan keilmuan tentang Kebiasaan Buruk Yang Bisa Bikin Laptop Cepat Rusak!!!.

Posting Komentar untuk "Kebiasaan Buruk Yang Bikin Laptop Cepat Rusak!!!"