Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Cara Percepat Kinerja Komputer

Mempercepat Kinerja Komputer

Hai, Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat datang di blog diskusikita.com. Pada kesempatan ini saya kembali memposting sebuah artikel yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. 

Pada artikel ini saya akan share bagaimana cara mematikan 15 Windows Services untuk mempercepat komputer Kamu. Jadi teman-teman sekalian kalau kamu ingin mempercepat kinerja komputer, baik itu dengan OS Windows 11 atau Windows 10 maka sebaiknya kamu matikan 15 Windows Services yang mungkin kamu tidak pernah gunakan. 

Apa saja 15 Windows Services tersebut dan bagaimana cara mematikannya? 

Sebelum saya infokan apa saja 15 Windows Services tersebut alangkah baiknya saya beritahukan kepada kalian bahwa Windows 11 dan Windows 10 itu hadir dengan pre-install Services dan bloatware. 

Jadi kalau kamu memiliki laptop atau komputer yang tidak kenceng banget dan kamu ingin mempercepatnya maka sebaiknya kamu matikan windows service yang akan saya infokan.

Sekarang kita langsung saja masuk ke windows servicenya ya. Untuk bisa masuk ke windows service kamu cukup ketikkan Services dikolom pencarian yang ada di taskbar.

Klik Services App - Enter


Nanti akan muncul jendela tampilan Services seperti di bawah ini

Sekarang itu Windows 10 sudah modern ya kita buka di pencarian bisa langsung muncul. Nah disini saya akan coba terangkan baik-baik. Jadi tampilannya adalah Services, kita bisa lihat bacaannya. Services ini adalah layanan-layanan yang sudah otomatis terinstal dengan Windows 10 dan juga Windows 11.

Sekarang kita lihat satu persatu ya. 

#1. Windows Servis - Alljoyn Router Service

Windows Services yang pertama namanya Alljoyn Router Service. Services ini sepertinya tidak terlalu dibutuhkan ya. Services ini digunakan untuk mengkoneksikan ketika kamu memiliki perangkat IoT. Misalnya Smart TV, Smart Lamp dan lain - lain. 

Jadi kalau kamu tidak menggunakan perangkat IOTnya sebaiknya matikan aja. Kecuali kalau kamu emang punya ya yang bisa kamu hubungkan dengan komputer atau laptop kamu.  

Sekali lagi ya apa yang saya buat ini tidak selalu sama satu orang dengan yang lainnya. Mungkin penggunaan bisa jadi berbeda.  

Caranya bagaimana? Kamu tinggal double klik kemudian cari Start Up Type pilih disable aja.

#2. Windows Servis - Bitlocker

Oke yang kedua sekarang kita masuk kepada Windows Services Bitlocker. Jangan bermain-main dengan Windows service ini, karena kalau kamu matikan dan kamu tidak tahu apa yang kamu lakukan maka dia akan mematikan layanan pada laptop komputer Windows 10 dan windows 11. 

Jika kamu masih menggunakan bitlocker sebaiknya startup tpenya manualkan saja. Tapi kalau kamu tidak memakai bitlocker meskipun ini bagus sebetulnya ya kamu matikan saja double-click disable.

#3. Windows Servis - Connected User Experience and Telemetry

Windows Servis ketiga adalah Connected User Experience and Telemetry yaitu layanan Window Services yang mengelola pengumpulan & transmisi informasi berupa diagnostik dan penggunaan. Layanan ini juga dikenal DiagTrack atau Pelacakan Diagnostik. Kamu bisa langsung matikan atau disable saja.

#4. Windows Servis - Distributed Link Tracking Client

Kemudian yang ke empat itu adalah distributed link tracking client. Kalau kamu tidak menggunakan Network untuk meminta orang untuk memberikan kamu bantuan kamu matikan saja. 

Yang paling sebetulnya kamu matikan itu yang automatic Tapi tentu saja automatic yang kamu tidak butuhkan ya. Jadi kalau kamu nggak butuhkan Network untuk membantu kamu ya Langsung kamu matikan saja ya.

#5. Windows Servis - Downloaded Map Manager

yang kelima adalah downloaded map Manager, ini juga biasanya statusnya automatic delay Jadi kalau kamu nggak pakai Map-nya Microsoft sebaiknya kamu matikan. 

Oh ya saya ingin ingatkan kepada teman-teman siapa tahu suatu saat nanti kamu membutuhkan lagi windows services-nya, kamu lari lagi ke service ini ya kemudian kamu hidupkan lagi. Terserah mau di automatic atau manual juga boleh.

#6. Windows Servis - Fax

Kemudian yang ke enam itu adalah Fax. Kebutuhan orang beda-beda siapa tahu kalau kamu menggunakan Fax tentu saja kamu harus nyalakan kalau kamu nggak gunakan fax ya bagusnya langsung disable aja.

#7. Windows Servis - Internet Connection Sharing

Yang ke tujuh kita cari internet connection sharing, ini juga kalau kamu nggak suka sharing-sharing sama orang ya kamu matikan aja. Jadi kalau kamu nggak pakai ini disable aja langsung.

#8. Windows Servis - Netlogon 



Kemudian yang ke 8 adalah Netlog on. Ini juga ya kalau kamu nggak ada hubungannya dengan internet untuk membuat orang membantu kamu ini matikan tapi kalau ada orang yang kamu ingin minta bantuan kamu nyalakan kembali. 

Jangan lupa Jadi sebenarnya gampang aja ya Jadi kalau kamu misalnya butuh lagi kamu masuk ke service lagi kamu nyalakan kembali itu saja kok. Jadi kalau kamu sementara ini enggak pakai Matikan aja ini Netlogon 

#9. Windows Servis - printer spooler 

Windows servvices ke 9 yaitu printer spooler. Nah kalau kamu nggak pakai printer di rumah, Kamu Matiin aja. Tapi kalo kamu punya printer dan menggunakannya. Maka layanan services ini wajib dinyalakan tapi nggak perlu otomatik lagi, cukup kamu pilih aja yang manual ya. 

#10. Windows Servis - Parental Controls 

Windows services yang ke 10 kita masuk pada Parental Control. Dari namanya sudah ketahuan bahwa services ini adalah kontrol orang tua. Tapi kalau komputer atau laptopnya adalah punya kamu sendiri langsung matikan aja layanannya. 

Kecuali kalau memang kamu orang tua misalnya dan kamu ingin mengontrol anak-anak kamu, Ya silahkan kamu jalankan. Jadi sekali lagi itu tergantung daripada kebutuhan kita ya.

#11 Windows Servis - Remote Registry  

Sekarang kita masuk kepada Remote Registry. Jika kamu nggak butuhkan orang lain untuk membantu registry kamu diperbaiki Ya matiin aja. 

#12 Windows Servis - TCP/IP NetBIOS Helper

ke 12 adalah TCP/IP NetBIOS Helper. Kalau kamu nggak butuhkan pertolongan orang lain untuk membuat dan memperbaiki Bios melalui internet ya kamu matikan aja.

#13 Windows Servis - Touch Keyboard and Handwriting Panel Service

Windows services yang ke 13 yakni Touch Keyboard and Handwriting Panel Service. Disarankan kalau kamu pakai tablet kamu harus nyalakan ini atau kamu pakai tablet Windows 10 atau windows 11 Oh ya kamu juga harus nyalakan. Tapi kalau kamu nggak pakai apalagi terbiasa dengan komputer biasa. Ya Kamu matiin aja. 

#14 Windows Servis - Windows Error Reporting

Kemudian yang ke 14 Windows error reporting. Kalau kamu mengalami kerusakan ya biasanya kan Windows tuh minta laporin apa segala macam atau juga sama dengan apa aplikasi ya kalau kamu nggak mau laporin ya nggak perlu, matiin aja. 

Kecuali kalau kamu mau laporkan setiap kali ada kesalahan maka layanan ini harus kamu nyalakan dong atau manual.

#15 Windows Servis - Windows Image Acquisition (WIA)

Kita masuk ke windows services yang terakhir yaitu Windows Image Acquisition (WIA). Kamu menggunakannya untuk scanner dan juga untuk kamera biasanya kan ya kamu harus nyalakan nih tapi kalau kamu nggak punya kamera yang dihubungkan dengan Windows kamu atau scanner yang ada di hubungkan dengan komputer kamu, disable aja. 

Tapi kalau kamu pake scanner atau printer all in one ya harus dinyalakan ya agar bisa digunakan.

Sebelum saya tutup yang paling perlu sebetulnya adalah yang automatic ya. Jadi pilihlah windows services yang menurut kalian tidak perlu dan tidak kamu butuhkan kemudian disable agar kinerja komputer kiamu lebih cepat. Kemudian ketika kamu ingin menyalakan window servicesnya kamu bisa memilih automatic atau manual ya.

Terimakasih sudah berkunjung. 

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Kinerja Komputer"