Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin PC lemot!!! Kesalahan umum yang sering dilakukan pemilik PC

Komputer Lemot

Memiliki PC memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi beberapa orang, terutama mereka para gamer PC. Mereka rela mengeluarkan sejumlah uang jutaan rupiah hanya demi merakit sebuah komputer impiannya tersebut. 

Namun tidak jarang beberapa gamer ada yang sering tidak memperhatikan dalam merawat komputernya dengan baik yang tentunya akan menjadi masalah yang besar bagi pemiliknya dimasa mendatang. 

Akhirnya komputer puluhan juta kamu bisa aja berumur pendek dan sudah harus ganti-ganti komponennya atau berkali-kali harus ke tukang servis. Hadeuuh!!!

Padahal kalau kamu belajar dari kesalahan tersebut, dompet kamu nggak akan terkuras oleh hal-hal yang sebenarnya nggak perlu. Lalu apa aja sih kesalahan umum yang sering dilakukan pemilik PC dan bikin PC jadi lemot.

Yuk kita bahas 6 kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemilik PC dan bikin PC jadi lemot.

#1. Menggunakan operating system (OS) jadul 

Kamu yakin masih mau menggunakan Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8 di era digital kayak gini?. Seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat Microsoft meninggalkan support mereka untuk operating system lamanya dengan kata lain ancaman baru bisa aja menjangkiti PC Kamu kapan aja, Kalau kamu nggak mengupgrade OS kamu. 

Selain itu buat kamu yang hobi bermain game di PC, umumnya developer udah enggak mau memberikan support untuk game teranyar mereka menggunakan operating sistem yang udah nggak update.

#2. Tidak membaca opsi instalasi (Asal instal aplikasi)

Dengan membaca opsi instalasi maka kamu bisa mendapatkan informasi tentang aplikasi yang akan kamu instal, sebelum membabi-buta menekan tombol Next. Membaca opsi instalasi merupakan hal wajib yang harus kalian lakukan, karena tidak semua program saat di-install memiliki fitur yang dibutuhkan. 

Dengan membaca opsi instalasi, maka kamu akan tahu dimana software atau aplikasi tersebut akan di-install sehingga enggak memenuhi drive C kamu. Kamu juga akan tahu apakah setiap software atau aplikasi tersebut memiliki browser bawaan yang penting atau pun tidak.

#3. Kustomisasi Start menu Windows

Sebenarnya hal ini lebih condong ke masalah preferensi aja kok. Kalau kamu memakai Windows, Kamu mungkin akan melupakan satu hal penting yang sebenarnya sudah menjadi fitur aslinya. Salah satunya adalah customer service start menu. 

Ketika kamu menekan tombol Windows maka kamu akan melihat Start menu default yang nggak penting sama sekali, padahal pada kenyataannya menu tersebut bisa di drag dan drop sesuka hati.

Kamu juga bisa menggantinya dengan aplikasi game atau pun aplikasi yang sering kamu gunakan dengan begitu kamu akan dengan mudah menemukan software tersebut.

#4. Menggunakan password yang sama 

Kesalahan ini sering terjadi. Password merupakan kata kunci paling penting untuk kegiatan kamu di internet, termasuk salah satunya adalah layanan perbankan. Jika kamu terbiasa menggunakan password yang sama di setiap akun kamu, maka kemungkinan hacking akan semakin besar.

Salah satu cara agar bisa mengingat semua password Kamu adalah dengan memakai aplikasi tapi tentunya aplikasi yang digunakan harus yang aman dan tentunya kredibel.

#5.Tidak membackup data backup data 

Backup data merupakan hal paling krusial saat memiliki PC tentunya. Data Super penting seperti skripsi atau pun Project kerjaan akan lebih aman jika dilakukan backup data. Jadi lakukan Sebelum terlambat ya!. bisa memanfaatkan harddisk lain atau pun menggunakan layanan Cloud 

#6. Tidak menggunakan UPS

UPS merupakan salah satu backup yang cukup penting untuk para pemilik PC. Berbeda dengan laptop yang memiliki baterai, PC membutuhkan UPS sebagai pengganti baterai. 

UPS merupakan sebuah alat layaknya baterai power backup yang memungkinkan PC agar tetap hidup saat listrik mati. dengan menggunakan UPS, kamu bisa mempertahankan PC saat mati listrik dan menyimpan pekerjaan kamu sebelum akhirnya di shutdown. Sehingga perangkat PC jadi lebih awet dan tidak cepat rusak.

Nah itu dia tadi kesalahan umum yang masih dilakukan pemilik PC hingga sekarang. Apa kamu masih melakukannya?. 

Jika masih, sepertinya sudah saatnya kamu untuk memperbaiki kebiasaan buruk tersebut. Kamu nggak mau kan jika PC yang sudah kamu rakit dengan menabung selama bertahun - tahun itu terus rusak begitu aja.

YT: JalanTikus

Posting Komentar untuk "Bikin PC lemot!!! Kesalahan umum yang sering dilakukan pemilik PC"