Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buat Postingan Blog | Bagian 3

Buat postingan blog

Buat Postingan Blog

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh halo teman-teman.

Kita berjumpa lagi di tutorial pembuatan  blogger di mana ini adalah bagian ketiga. 

Pada tutorial blogging bagian ketiga ini kita akan mencoba membuat postingan artikel atau menulis artikel. Di sini saya sudah menyiapkan tulisan artikelnya ya di microsoft office word. 

Dibawah ini saya sudah siapkan artikel dengan judul Perhatikan Hal Ini Sebelum Membuat Blog!

Teman-teman juga bisa menulis dulu di microsoft word atau bisa juga notepad kalau bisa nulisnya, biar enak nanti memindahkan ke blognya, tinggal copy paste.

Oke kita mulai. Langkah yang pertama masuk dulu ke pengaturan blog, kemudian klik NEW POST

Setelah klik New Post, tunggu sampai muncul halaman untuk tulis artikel yang tampilannya seperti ini

Di halaman ini terdapat beberapa fitur dan ada jenis-jenis tool yang fungsinya untuk pengeditan dan juga ada untuk isi kontennya. Kita akan bahas tool yang akan sering digunakan saja ya. 


Title 
Untuk menuliskan Judul dari artikel atau tulisan yang mau diposting




Tool ini berfungsi untuk metode penulisannya mau seperti apa. Ada Compose View (Penulisan biasa) dan HTML View (Penulisan dengan tampilan kode).

Tool Undo dan Redo. Undo berfungsi untuk membatalkan teks atau gambar yang telah diketik. Redo untuk mengembalikan teks atau gambar yang telah dihapus.

Font Type, Font Size dan Paragraph. Font Type Untuk mengatur jenis huruf artikel dan juga bisa mendownload jenis fontnya. Font Size mengatur ukuran huruf. Paragraph untuk mengatur jenis heading di dalam artikel blog. Seperti Heading, Sub Heading, Minor Heading, Paragraph, dan Normal.


Bold untuk menablkan huruf, Italic memiringkan huruf, Underlined untuk membuat huruf dengan garis bawah, Strikethrough untuk mencoret huruf, Text Color mewarnai huruf, Background color untuk mewarnai background huruf.

Insert or Edit Link untuk mensisipkan dan mengedit link, Insert Image untuk mensisipkan gambar pada artikel, Insert Video untuk mesisipkan video, Insert Special Character untuk mensisipkan karakter spesial (emotikon dan simbol).

Alignment untuk mengatur tata letak tulisan di artikel, Increase Indent mengatur agar paragraf tulisan menggeser ke kanan. Decrease Indent kebalikan dari Increase Indent untuk mengatur agar paragraf menggeser ke kiri. 

Sekarang kita coba buat dan isi artikelnya kedalam blognya. 

Untuk judul tempatkan di Title dan untuk isi postingannya bisa langsung di copas saja tulisannya yang sudah dibuat sebelumnya. 

Isi tulisan dari blog itu bisa di edit sesuai kebutuhan, misalkan mau diisi gambar mengenai blog, mau ganti jenis hurufnya dan lain sebagainya. 

Jika sudah selesai teman-teman bisa langsung saja klik Publish yang ada di sebelah kanan atas untuk menampilkan hasilnya. Atau misalkan ingin melihat dulu hasilnya sebelum ditampilkan bisa klik Preview.

Ini adalah hasil dari psotingan yang sudah di publish

Oia sebagai tambahan, ada menu untuk mengelompokkan artikel postingan kita, kalau di blog istilahnya Label. Fungsinya agar nanti artikel ini menjadi satu kumpulan sesuai dengan kategorinya. Misalkan yang saya buat itu labelnya adalah Blogging, maka nanti postingan dengan label Blogging akan berkumpul di satu tempat. Begitupun dengan label yang lainnya. 

teman-teman klik saja label yang ada di bawah publish kemudian tuliskan apa labelnya. Selesai.

Tambahan yang kedua adalah menu Reader comment yang fungsinya agar orang-orang yang membaca artikel kita bisa berkomentar. Menunya ada disebelah kanan tengah di bawah publish, Teman-teman klik saja Option lalu di Reader Comments nya pilih Allow.

Oke teman-teman itulah tutorial bagian 3 tentang cara kita memposting artikel di blog ya. Semoga artikel pembelajaran ini bermanfaat buat teman-teman, Kita akan berjumpa lagi di pembelajaran berikutnya. 

Selamat belajar dan mencoba. Terima kasih. 

Posting Komentar untuk "Buat Postingan Blog | Bagian 3"