Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Gugup Ketika Berbicara Di Depan Umum? Begini Cara Mengatasinya

Pengembangan Diri

Sering Gugup Ketika Berbicara Di Depan Umum? Pernah ga sih, mungkin kita pernah dapat kesempatan ngomong di depan umum atau orang banyak, mau itu waktu di depan kelas ketika sekolah, di rapat kepanitiaan, atau pun pas di lomba pidato waktu 17-an. 

Omong-omong di depan umum memang selalu jadi momok monster yang mengerikan. Kalau udah kaya gitu badan tiba-tiba aja jadi gemeteran. Jantung rasanya berdegup kencang nggak karuan, keringat bercucuran, dan pandangan tiba-tiba aja menghilang, bahkan sampai pingsan. Waduuh.

Survei pun bilang, kalau ngomong di depan umum itu adalah hal yang paling ditakuti manusia. Ini menurut pakar ilmu komunikasi, Karen Kangas Dwyer dan Marlina M. Davidson dari University Of Nebraska. 

Lebih menakutkan daripada  serangga,  ketinggian, dan bayangan. Ketakutan yang menyeramkan ini punya namanya sendiri,  GLOSSOPHOBIA, iya sekali lagi namanya Glossophobia.

Mengapa ya ngomong di depan umum itu sebegitu menakutkannya?

Faktanya, ngomong di depan umum jadi serem karena kita nggak mau kelihatan salah  dan kelihatan jelek, akibatnya jadi jauhin sama orang-orang. Iya, rasa takut salah itu  bisa  aktifin salah satu bagian di otak  yang sama kayak bagian yang aktif ketika kita kena cedera. 

Rasa sakit ini emang warisan nenek moyang kita,  yang saking susahnya bertahan hidup dijauhin orang itu sama dengan  Kematian. Dan ga cuma itu berada di depan panggung juga ternyata  ngakaktifin sistem saraf yang kaya waktu kita lagi dikejar bahaya  dan itulah kenapa tekanan darah kita naik dan bikin jadi keringetan. 

Otak kita jadi kekurangan oksigen,  ngebuat nafas kita makin sering  dan sistem pencernaan berhenti. Sakit perut pun datang. Ibarat sudah jatuh ketimpa tangga, udah gitu diketawain sama anak tetangga. Sangat mengerikan!

Tapi kalau begitu ada nggak sih cara ngilangin rasa manis ngomong di depan umum ini?

Satu hal yang harus kita pahami dulu adalah,  pembicaraan di depan umum itu pasti dialami oleh semua orang. Bahkan para artis legenda dan orang - orang sukses pun selalu ngalaminnya juga. Makanya sekarang coba kita lihat semua ini dari sudut pandang yang berbeda. 

Kabar baiknya adalah ketika kita ngomong di depan umum kemungkinan besar orang lain  nggak ngebahas kita seperti yang kita kira. Bahkan sebenarnya  adalah kemungkinan dari mereka akan lebih sering memikirkan diri sendiri daripada buang-buang waktu untuk memikirkan kita. 

Ok sekarang coba kita belajar untuk nggak lari dari ketakutan, tapi justru berani menghadapinya. Gampangnya, harus selalu ingat kalau ada perasaan itu perasaan yang alami dan gak bisa kita kontrol. 

Maka cara menghadapi situasi seperti itu adalah "kita fokus pada sesuatu yang bisa kita atur"Latihanlah, latihan di lingkungan yang mirip sama apa yang akan kita hadapi di keadaan sebenarnya. Berlatih bikin kita terbiasa dan bisa ngurangin kecemasan kita nantinya. Mungkin otak kita udah terbiasa nganggep ngomong depan umum jadi kayak dikejar binatang buas, nyatanya kita semua mau nggak mau bakal ngalamin hal seperti itu.

Suatu saat bakal ngomong di depan banyak orang apapun profesi atau pekerjaan kita nantinya. Kalau udah gitu pilihannya ada dua  "Lari Ketakutan" atau "Tarik napas dalam-dalam"  Tenangkan diri lalu maju dan bicara lantang di depan orang-orang.

Jadi kalau tidak sekarang kapan lagi. Yuk terus belajar dan latihan. Jangan lari terus.

Ya mungkin itu saja kita sharing tentang GLOSSOPOBHIA atau rasa cemas dan cemas ketika berbicara di depan umum.

YT. Bisa

Posting Komentar untuk "Sering Gugup Ketika Berbicara Di Depan Umum? Begini Cara Mengatasinya"