Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apa Bentuk Internet Sebenarnya?

Seperti Apa Bentuk Internet Sebenarnya?

Internet merupakan benda ajaib. Kenapa? Karena dengan internet kita bisa mengirim foto, pesan singkat, suara, video, atau bahkan game yang ratusan giga ukurannya.

Tapi meskipun dipakai tiap hari mungkin sampai sekarang kita masih belum tahu bagaimana semua hal yang dikirim tadi itu bisa nyampe ke gadget atau handphone kita. Apakah mereka melayang begitu aja seperti udara? ataukah ada hal lainnya yang sebenarnya membuat bisa seperti itu.

Bagaimana bentuk internet yang sebenarnya dan bagaimana caranya internet itu bisa bekerja?

Oke kita bahas. Sederhananya, internet itu adalah jaringan komputer - komputer di dunia yang tersambung dengan memakai kabel. Sama kayak kita waktu mengirim surat ke Sahabat Pena.

Setiap data yang kita kirim atau pun terima, mau pakai HP, laptop, atau di TV Pintar, kita pasti butuh yang namanya alamat penyedia jasa internet, kabel - kabel super ribet dan pusat data yang dapat menyimpan apa saja yang kita butuhkan. 

Misalnya, setiap kali kita mengirim video tentang kucing lucu ke grup keluarga, maka gadget atau handphone kita bakal menerima video tersebut dan akan memecah data video itu menjadi ukuran yang kecil - kecil, lalu mengubah data itu menjadi sebuah kode kemudian dikirim ke penyedia layanan internet yang disambungkan memakai alat penghubung atau biasa kita sebut sebagai Router

Lalu kode itu melewati ke rute-rute lain sampai akhirnya sampai ke server yang dituju dan balik lagi ngelewatin semua proses tadi sampai akhirnya tiba ke gadget penerimanya.  

Jadi kalau diibaratkan, pengiriman data itu prosesnya bolak balik. Proses pertama dikirim ke server kemudian setelah dari server dikirim lagi ke penerima melalui jalan yang sama. Kurang lebih seperti itu.

Kalau lihat dan memahami penjelasan di atas tadi, kita sekarang bisa mengetahui bahwa walaupun kita sering nonton YouTube dari HP, nyatanya seluruh internet kita itu ngegunain kabel. Dan fakta yang lebih gilanya lagi semua koneksi internet kita sebenarnya disalurin lewat kabel-kabel super panjang jauh di dasar lautan. 

Ya kabel fiber optik inilah yang ngehubungin kita dengan pusat segala data yang ada di internet, dan bisa dibilang merekalah yang menyatukan kita semua. 

Lewat kabel ini kita emang bisa nikmatin banyak hal, dari mulai download makin cepet, ngirim tugas ga pake lama, main game tanpa ngelag, sampai nonton video tanpa harus mogok di tengah jalan. 

Tapi lebih jauh lagi, coba bayangin kalau infrastuktur digital kita makin maju, kabel - kabel canggih bawah laut tadi bisa ngebantu pedagang online jualan barang atau jasanya, bahkan sampai ke luar negeri. 

Dan yang paling penting kita juga bisa mulai ningkatin banyak hal mulai dari kemanan digital, layanan kesehatan, teknologi industri dan tentu aja ngebuka akses pendidikan buat seluruh rakyat Indonesia. 

Tapi itu semua butuh satu hal kerjasama dari banyak pihak yang terlibat di belakangnya. Ada penyedia layanan internet atau ISP (Internet Services Provider) yang mastiin kita dapat akses internet lewat infrastruktur digital platform teknologi yang jadi tempat segala informasi bisa kita akses, dan tentu aja pemerintah yang bikin aturan supaya semuanya bisa berjalan lancar. 

Nggak cuma bikin gedung tinggi dan jalan di mana-mana, negara-negara dunia saat ini berlomba-lomba bikin internet agar bisa diakses buat seluruh warganya. Di era informasi kayak sekarang mungkin kecepatan internet bisa jadi cara buat bikin kita makin sejahtera sama - sama. 

Itulah artikel tentang Seperti Apa Bentuk Internet Sebenarnya?

Posting Komentar untuk "Seperti Apa Bentuk Internet Sebenarnya?"