Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Komputer Jarang di Pakai Cepat Rusak

Komputer Jarang di Pakai Cepat Rusak?

Komputer Cepat Rusak.

Sesuai dengan judulnya, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing menjelaskan mengenai mengapa komputer yang jarang selalu dipakai kok malah cepat rusak.

Pertanyaan seperti ini sebenarnya cukup banyak ditanyakan oleh para pengguna komputer.

Mengapa ya komputer yang jarang dipakai kok malah jadi cepat rusak, ko bisa?

Padahal menurut pemahaman mereka yang namanya komputer cepat rusak itu harusnya semakin sering dipakai semakin cepat rusak. Alasan logis dan rasionalnya bagaimana?

Yuk kita bahas mengapa komputer jarang di pakai cepat rusak.

Tapi sebelum ke pembahasan terlebih dahulu mari kita mengetahui dan pahami mengenai komputer itu isinya apa sih. 

Di dalam sebuah casing komputer atau PC ada perangkat - perangkat yang terpasang didalamnya, seperti Main Board (motherboard), memori RAM, power supply, VGA card, harddisk optical drive, prosesor, dan lain sebagainya yang pembuatan kesemuanya itu merupakan dari bahan konduktor, baik itu konduktor murni germanium maupun semi konduktor. 

Adapun yang namanya konduktor, konduktor ini seperti IC komponen di dalam komputer. Itu terhubung melalui jalur PCB. Jalur - jalurnya ini sangat kecil berukuran sepersekian mili. Jarak antar jalurnya ini sangat dipengaruhi oleh suhu sekitarnya. Jadi konduktor sendiri sifatnya konduktif. Konduktif itu artinya menghantarkan. 

Jadi komputer yang sering dipakai itu aliran udaranya di dalam casing atau CPU alirannya normal, yang mengalir sirkulasi tidak terjadi penumpukan debu yang terlalu tidak beraturan. 

Setiap berputar-berputar, jika menggunakan pen sehingga aliran udaranya di dalam itu stabil jadi panas, panasnya nggak terlalu panas dingin juga tidak terlalu dingin. 

Semakin konduktor - konduktor ini sering dipakai menghantarkan arus maupun tegangan di barengi dengan sirkulasi udara yang bagus, maka konduktivitasnya akan semakin bagus, maka komputer akan rutin dipakai justru dia akan lebih awet. 

Kenapa komputer cepat rusak padahal jarang dipakai. Ini alasan rasionalnya kenapa jarang dipakai kok malah cepat rusak. Jadi komputer kalau dibiarkan tidak pernah dialiri arus listrik atau tegangan di tidak pernah dipakai sama sekali yang terjadi suhu di sekitar konduktor konduktor ini menjadi sangat dingin. 

Ketika sebuah konduktor yang berbahan tembaga atau pun berbahan emas seperti di prosesor itu ketika mencapai suhu yang sangat dingin karena tidak pernah dipakai tidak pernah dialiri tegangan suhu di sekitar jalur jalur PCB maupun Tintin yang berjumlah kaki seribu ini istilahnya ini jika suhunya sudah terlalu dingin maka menghasilkan sebuah kelembaban.

Lembab identik dengan uap air, jika CPU ataupun komponen yang ada di dalam komputer sudah mulai lembab sudah mulai lama tidak pernah dipakai. Lembabnya air di sini akan menimbulkan hubung singkat atau konsleting, itu yang pertama. 

Yang kedua kelembabannya menghasilkan air pada suhu dingin. Ini kalau dibiarkan secara terus-menerus akan menyebabkan korosi, karena air sendiri kalau berembun dari sebuah germanium memiliki sifat korosif.

Nah itulah alasan paling utama yang paling rasional bisa menjelaskan bagaimana komputer tidak pernah dipakai kok malah cepat rusak seperti itulah alasan rasionalnya. 

Jadi pergunakanlah komputer teman - teman dengan baik dan benar. Lakukan perawatan dan pemeliharaan secara rutin agar tidak cepat rusak. 

Mungkin saya cukupkan sampai disini pembahasan tentang komputer yang jarang dipakai bisa menyebabkan kerusakan. Kurang lebihnya mohon maaf. 

Semoga penjelasan ini bermanfaat positif dan aplikatif. Sampai bertemu lagi di tulisan saya selanjutnya.

YT: Aplikasi Tutorial

Posting Komentar untuk "Penyebab Komputer Jarang di Pakai Cepat Rusak"